Fase lulus sekolah menengah atas selamanya memberi tambahan euphoria tersendiri. Menentukan jenjang selanjutnya sering menjadi perbincangan di lingkungan sekitar. Kuliah atau bekerja punyai keunggulannya masing-masing.

Bagi kamu yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan, tidak ada salahnya untuk pertimbangkan kuliah jurusan arsitektur. Apa saja yang akan dipelajari kala kuliah di jurusan arsitektur? Bagaimana prospek karier lulusan arsitektur? Simak selengkapnya dan temukan jawabannya di sini.

Fakta Menarik Kuliah Jurusan Arsitektur

1. Kuliah Arsitektur Dalam Negeri VS Luar Negeri

Jurusan arsitektur di Indonesia mayoritas berada di bawah naungan fakultas teknik. Hal ini karena ilmu arsitektur sedikit banyak menyinggung matematika logika dan spasial. Secara umum, pendidikan S1 Arsitektur ditempuh selama 4 th. (8 semester).

Sedikit tidak sama kecuali kamu merencanakan mengambil Undergraduated Programme of Architecture di sebagian negara. Di Massachusetts Institute of Technology (MIT), program belajar arsitek berada di bawah naungan MIT School of Architecture + Planning . Sedangkan di National University of Singapore (NUS), jurusan arsitek berada di bawah naungan NUS School of Design & Environment.

2. Jenjang Pendidikan Kuliah Jurusan Arsitektur

Jenjang pendidikan arsitektur ada dari program sarjana (S1), magister (S2), sampai doktor (S3). Salah satu program sarjana arsitektur ada di Podomoro University. Di luar pendidikan formal, terdapat sertifikasi profesi yang bisa kamu ambil untuk menunjang karir profesional di bidang arsitektur.

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) sebagai asosiasi profesi arsitek terakreditasi mengolah sertifikasi keahlian (SKA). Terdapat 13 kompetensi standar yang harus dikuasai para bagian IAI untuk beroleh license. Kompetensi selanjutnya meliputi:

  1. Perancangan Arsitektur
  2. Pengetahuan Arsitektur
  3. Pengetahuan Seni
  4. Perencanaan dan Perancangan Kota
  5. Hubungan pada Manusia, Bangunan, dan Lingkungan
  6. Pengetahuan Daya Dukung Lingkungan
  7. Peran Arsitek di Masyarakat
  8. Persiapan Pekerjaan Perancangan
  9. Pengertian Masalah Antar Disiplin
  10. Pengetahuan Fisik dan Fisika Bangunan
  11. Penerapan Batasan Anggaran dan Peraturan Bangunan
  12. Pengetahuan Industri dan Konstruksi di dalam Perencanaan
  13. Pengetahuan Manajemen Proyek

3. Peluang Karir Kuliah Jurusan Arsitektur

Lulusan arsitektur punyai kesempatan luas untuk berkarier, berkaya, dan berdampak untuk masyarakat. Anda bisa pilih untuk berkarir di jalur swasta, pemerintahan, ataupun berwirausaha. Berikut sebagian kesempatan karir untuk lulusan arsitek:

1. Profesi Swasta

  • Arsitek
  • Arsitek Lanskap
  • Arsitek Perumahan
  • Interior Designer
  • Kontraktor

2. Profesi Pemerintahan

  • Pegawai Negeri Sipil
  • Dosen Arsitektur
  • Perencanaan Kota
  • Drafter

3. Profesi Mandiri (Wirausaha)

  • Konsultan Arsitektur
  • Manager konstruksi
  • Surveyor
  • Developer
  • Artis

4. Materi yang Dipelajari di Jurusan Arsitektur

Melihat prospek karir arsitektur yang terlalu luas pasti saja berbanding lurus bersama materi yang harus dipelajari.

Dikutip dari keliru satu universitas swasta di Indonesia, selanjutnya kurikulum yang akan kamu pelajari kecuali menempuh kuliah jurusan arsitektur:

Semester 1

  1. Studio Perancangan Arsitektur
  2. Menggambar Teknik
  3. Teori Bentuk Arsitektur
  4. Dasar-dasar Struktur di dalam Arsitektur
  5. Pengantar Arsitektur
  6. Estetika
  7. Bahasa Indonesia

Semester 2

  1. Studio Perancangan Arsitektur 2
  2. Struktur dan Konstruksi Bangunan
  3. Bahan Bangunan di dalam Arsitektur
  4. Pengantar Teori Perancangan Arsitektur
  5. Logika
  6. Etika
  7. Bahasa Inggris

Semester 3

  1. Studio Perancangan Arsitektur 3
  2. Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah
  3. Fisika Bangunan
  4. Utilitas Bangunan
  5. Teori dan Sejarah Arsitektur Pramodern

Semester 4

  1. Studio Perancangan Arsitektur 4
  2. Struktur dan Konstruksi Bangunan Bentang Lebar
  3. Perencanaan Tapak
  4. Permukiman Kota
  5. Teori dan Sejarah Arsitektur Modern

Semester 5

  1. Perancangan Arsitektur 5
  2. Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat
  3. Perumahan Kota
  4. Teori dan Sejarah Arsitektur Pasca Modern
  5. Pranata Pembangunan

Semester 6

  1. Perancangan Arsitektur 6
  2. Metodologi Riset Arsitektur
  3. Pengantar Wawasan Kerja Profesi dan Dunia Kerja
  4. Arsitektur Kota

Semester 7

  1. Studio Akhir Arsitektur

Semester 8

  1. Skripsi

Mata Kuliah Pilihan

  1. Pencahayaan Buatan di dalam Arsitektur
  2. Proteksi Kebakaran terhadap Bangunan
  3. Pengantar Ekonomi Bangunan
  4. Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan
  5. Pemugaran Bangunan
  6. Arsitektur Tropis
  7. Ekologi Permukiman
  8. Arsitektur Perumahan Vertikal Kota
  9. Teknologi Lingkungan di dalam Arsitektur
  10. Arsitektur Kawasan Pusat Kota
  11. Estetika di dalam Arsitektur
  12. Lokalitas di dalam Arsitektur
  13. Arsitektur Vernakular
  14. Tipologi Bangunan
  15. Pengantar Antropologi di dalam Arsitektur
  16. Pengantar Sosiologi Arsitektur
  17. Psikologi di dalam Arsitektur
  18. Pentar Perancangan Lingkungan Kota
  19. Pengantar Ekonomi Perumahan
  20. Pengantar Perumahan Murah
  21. Manajemen Konstruksi
  22. Prinsip Akustik di dalam Arsitektur
  23. Teknologi Konservasi Arsitektur
  24. Arsitektur Bangunan Hijau
  25. Lansekap Perkotaan

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kuliah Jurusan Arsitektur

1. Keyakinan dan Mental

Mantapkan pilihan dan yakinkah diri kamu untuk mengambil kuliah jurusan arsitektur. Pasang tujuan dan tujuan, apa alasan mengambil jurusan ini. Hal selanjutnya akan banyak menunjang kamu kala kamu terasa terasa goyah dan susah untuk menempuh pendidikan arsitektur. Percaya deh, kuliah jurusan arsitektur akan semenarik itu.

2. Peralatan Khas Anak Arsitektur

Tidak bisa dipungkiri ada banyak peralatan yang harus disiapkan kala kamu mengambil kuliah jurusan arsitektur. Mulai dari perangkat keras sampai perangkat lunak terhadap computer atau laptop anda.

Beberapa perangkat keras meliputi beraneka jenis alat gambar dan ukuran kertas. Sedangkan sebagian software yang sering digunakan mahasiswa jurusan arsitektur meliputi ArchiCAD, Autodesk Revit, Softplan, sampai SketchUp. Namun kamu tak harus khawatir, semua bisa kamu kumpulkan bersama mencicil secara bertahap sesuai bersama kebutuhan.

3. Skill Wajib Anak Arsitektur

Sebenarnya apa saja sih kapabilitas yang harus dimiliki anak arsitektur? Apakah harus jago gambar? Hal paling penting yang harus kamu pastikan adalah kapabilitas spasial yang baik. Melihat area secara skalatis menjadi kunci.

Kreativitas kamu pasti termasuk akan dituntut untuk memberi tambahan warna dan estetika terhadap tiap-tiap karya anda. Temukan ciri khas kamu di dalam mengakibatkan suatu karya. Yang terakhir adalah gigih karena terhadap prosesnya, kamu akan banyak dituntut untuk terus berkembang.

Tokoh Inspirasi Arsitektur Indonesia

1. Soejoedi Wirjoatmodjo

Bapak Soejoedi Wirjoatmodjo merupakan pelopor arsitektur moderen di Indonesia. Beliau menempuh pendidikan dan berkarir sejak zaman pemerintahan pertama Indonesia. Salah satu karya besarnya adalah Gedung DPR MPR RI yang masih terlihat kokoh sampai pas ini.

2. Ir. Soekarno

Bapak Ir Soekarno, presiden pertama RI, merupakan seorang arsitek. Beliau sudah menggeluti biro insinyur (arsitek) bersama Ir. Anwari sejak th. 1926. Ir. Soekarno merupakan keliru satu tokoh yang merancang Jakarta sebagai muka Indonesia di awal era kemerdekaan. Hasil karyanya meliputi Patung Dirgantara, Masjid Istiqlal, sampai Monumen Nasional.

3. Achmad Noe’man

Arsitek legendaris selanjutnya adalah Achmad Noeman. Menempuh pendidikan kuliah jurusan arsitektur di Universitas Indonesia (Bandung). Beliau dijuluki arsitek seribu masjid karena kecintaan dan karyanya banyak dituangkan terhadap arsitektur masjid. Beberapa karya emasnya meliputi Masjid Salman ITB, Masjid Istiqlal Sarajevo (Bosnia), dan Masjid Syekh Yusuf Cape Town (Afrika Selatan).

4. M. Ridwan Kamil

Arsitektur lainnya yang pas ini tengah banyak diperbincangkan ialah M. Ridwan Kamil. Kang Emil datang sebagai Wali Kota Bandung yang kini menjabat posisi Gubernur Jawa Barat. Keberhasilannya di dalam mengatur area publik di Kota Bandung menaikkan awareness pemerintahan lain untuk mengikuti cara serupa.

Kang emil beroleh Green Design Award terhadap hunian pribadinya yang gunakan 300.000 botol bekas sebagai konstruksinya. Museum Aceh dan Marina Bay Waterfront termasuk merupakan keliru satu proyek besar yang melibatkan dirinya.

Kuliah Jurusan Arsitektur di Podomoro University

Ada banyak universitas yang tawarkan program pendidikan arsitektur di Indonesia. Namun, ada baiknya kamu pertimbangkan jurusan arsitektur di Podomoro University.

Podomoro University sebagai universitas swasta terkemuka tawarkan value ’Where Future Entrepreneurs Begin’. Kampus ini sudah sukses melahirkan para wirausahawan muda yang mengakses lapangan pekerjaan. Value ini akan selaras bersama kamu yang ingin menjadi wirausaha.

Keberhasilan para lulusannya bisa dibuktikan melalui keliru satu lulusan jurusan Arsitektur Podomoro University yaitu Grace Widjaja yang pas ini sudah bekerja sebagai Planning Staff – Strategic Operational di Agung Podomoro. Tidak cuma terbatas terhadap jurusan arsitektur saja, tapi termasuk bisa dibuktikan melalui jurusan lain contohnya Faiz, Alumni Hotel Business Program 2018 yang sukses menyabet Top 4 Masterchef Indonesia Season 4.

Banyak prestasi yang ditorehkan dari beraneka jurusan menunjukan bahwa semua tenaga pendidik punyai kompetensi kuat. Baik secara materi, moral, dan value.

Bagaimana? Apakah sudah terbayang oleh kamu kecuali mengambil kuliah jurusan arsitektur? Begitu banyak kesempatan karir yang bisa kamu pilih. Tentunya bersama Podomoro University tak harus ada keraguan.

Sumber : https://podomorouniversity.ac.id/fakta-tentang-kuliah-jurusan-arsitektur/