Seiring pergantian zaman, suasana manusia pun berubah. Saat ini sebetulnya teknologi udah benar-benar perihal erat dengan kehidupan manusia. Melihat kebelakang, justru zaman sekarang semua udah serba gampang dan cepat berkat adanya revolusi industri. Artinya ada pergantian berasal dari pemakaian tenaga manusia jadi tenaga mesin. Lantas bagaimana dengan arsitektur bangunan? Di jaman modern seperti sekarang mulai mengadopsi arsitektur modern atau modernis. Seperti yang dijelaskan Indonesia Design, Arsitektur modern sebagai pengembangan berasal dari gaya tahun 1900an. Merupakan bentuk kemajuan pada teknologi konstruksi. Tujuan utamanya adalah memaksimalkan manfaat dengan menjauhkan banyaknya ornamen dan dekorasi. Oleh dikarenakan itu lebih lanjutnya didalam artikel ini bakal mengkaji mengenai:

  1. Sejarah Arsitektur Modern
  2. Ciri Khas Arsitektur Modern
    • Sedikit Ornamen dan Dekorasi
    • Penerapan Garis Vertikal dan Horizontal, Serta Model Bangunan Kotak
    • Sistem Modern dan Penggunaan Material
    • Penggunaan Cahaya Natural dan Jendela Kaca
    • Memiliki area Terbuka
    • Desain Asimetris
    • Koneksi dengan Alam
    • Penggunaan Material Modern dan Tradisional
    • Memaksimalkan Fungsi Ruangan
  3. Prinsip-Prinsip Arsitektur Modern
    • Bentuk Mengikuti Fungsi Bangunan (Fungsional)
    • Material Tradisional dan Ekspos
  4. Desain Rumah Arsitektur Modern
    • Rumah Modern dengan Material Alami
    • Rumah Modern Simpel dan Minimalis
    • Rumah Arsitektur Modern Asimetris
    • Desain Rumah dengan Balok dan Beton Ekspos
    • Gaya Arsitektur Modern Fokus Cahaya Alami

1. Sejarah Arsitektur Modern

Ada perjalanan panjang berasal dari sejarah arsitektur modern ini. Melansir dari Archi Soup, arsitektur modern adalah pergerakan pergantian yang di mulai pada akhir abad ke-19. Selama periode berikut berjalan revolusi teknologi, material bangunan, dan mesin. Akibatnya ada pergeseran berasal dari konstruksi bangunan tradisional jadi bangunan yang fungsional dengan teknologi baru. Kemunculan ini di mulai berasal dari Gedung pencakar langit yang berada di Amerika Serikat. Menjadi bentuk respon cepat pada biaya konstruksi tinggi dan kurangnya lahan di kota-kota Amerika yang tengah berkembang pesat. Serta adanya pemakaian teknologi rangka baja tahan api dan  elevator  keselamatan. Pertama kali adalah Gedung Asuransi yang dibangun di Chicago dengan rangka baja besi karya William Le Baron Jenney tahun 1883. Kemudian mulailah nampak Gedung lainnya di awal tahun 1900an yang mempunyai arsitektur lama dengan dekorasi dan gaya Neo-gothic, Neo-renaissance dan Beaux Arts. Selama jaman itu terhitung tetap berjalan perang dan nampak arsitektur modern. Ada dua kemungkinan kebangkitan arsitektur modern di periode tersebut, yakni kekurangan bahan bangunan baja supaya digantikan dengan bahan baru (aluminium) dan ke-2 kehancuran wilayah akibat perang dan perlunya pembangunan kembali.

2. Ciri Khas Arsitektur Modern

Ada pun yang mengakibatkan arsitektur modern jadi berbeda berasal dari arsitektur lainnya. Anda sanggup melihatnya berasal dari ciri khas secara umumnya. Masih melansir berasal dari Archi Soup, inilah lebih dari satu ciri khas arsitektur modern yang kudu Anda ketahui.

a. Sedikit Ornamen dan Dekorasi

Berbeda berasal dari bangunan tradisional yang gunakan banyak ornamen, motif dan dekorasi, justru arsitektur modern gunakan sedikit ornamen saja. Arsitektur ini beranggap bahwa ornamen bukan bagian yang penting didalam desain modernis.

b. Penerapan Garis Vertikal dan Horizontal, Serta Model Bangunan Kotak

Desain arsitektur bergaya modern punyai ciri khas, yakni banyaknya pemakaian garis vertikal dan horizontal, dan juga jenis bangunan yang didominasi bentuk kotak.

Baca Juga : Apa Kehebatan Seorang Arsitek?

c. Sistem Modern dan Penggunaan Material

Sudah lebih berkembang, ciri khas lainnya berasal dari arsitektur modern adalah pemakaian proses modern berasal dari teknologi seperti  smart home  dan material yang diciptakan dengan teknologi konstruksi modern.

d. Penggunaan Cahaya Natural dan Jendela Kaca

Memaksimalkan manfaat jadi bagian penting berasal dari arsitektur ini. Dengan gunakan sinar natural (matahari) dan jendela kaca yang besar bakal menghimpun tempat tinggal dengan alam secara langsung. Orang yang berada didalam bangunan atau tempat tinggal sanggup selamanya meraih sinar matahari alami meskipun berada di dalam.

e. Memiliki area Terbuka

Dalam rencana arsitektur modern selamanya ada ruang terbuka didalam bangunan tersebut. Tujuannya supaya tempat tinggal selamanya sanggup merasakan suasana yang nyaman, tenang, dan alami. Selain itu terhitung ruang terbuka sanggup menambahkan sirkulasi udara yang baik di dalam.

f. Desain Asimetris

Ada yang berbeda berasal dari jenis bangunan modernis. Tidak punyai jenis aturan tertentu, justru bangunan ini punyai bentuk asimetris yang jadi ciri khas berasal dari arsitektur modern. Dikarenakan yang paling utama bukan desain bangunannya tapi manfaat berasal dari bangunan itu sendiri.

g. Koneksi dengan Alam

Selain dibikin fungsional, arsitektur modern dibikin supaya bangunan sanggup terkoneksi dengan alam. Maksudnya adalah bangunan dibikin supaya ramah lingkungan, asri, dan sehat. Salah satu penerapannya adalah taman di didalam rumah.

h. Penggunaan Material Modern dan Tradisional

Meskipun arsitektur modern udah gunakan teknologi konstruksi yang canggih tapi didalam prosesnya tetap gunakan material tradisional. Karena mutu material tradisional lebih baik dibandingkan modern berasal dari faktor ketahanan dan kualitasnya. Untuk meraih efisiensi digabunglah ke-2 pemakaian material jenis tersebut.

i. Memaksimalkan Fungsi Ruangan

Fungsional benar-benar jadi pertimbangan utama pas membangun arsitektur ini. Tidak heran kalau semua ruangan punyai fungsi-fungsinya sendiri.

3. Prinsip-Prinsip Arsitektur Modern

Setiap desain pasti punyai prinsip-prinsip yang digunakan sebagai pedomannya. Begitu terhitung didalam arsitektur modern ini. Berikut adalah dua prinsip utama dan lazim arsitektur modern.

a. Bentuk Mengikuti Fungsi Bangunan (Fungsional)

Prinsip utama arsitektur modern adalah fungsional. Artinya bangunan dibikin dengan target utamanya, yakni memaksimalkan manfaat berasal dari total area. Prinsip ini dibikin lewat rencana manfaat berasal dari masing-masing tempat yang bakal dibuat. Setelah itu barulah bentuk bangunan mengikuti manfaat yang udah direncanakan tersebut. Teori ini pertama kali diciptakan oleh arsitektur Amerika Louis Sullivan.

b. Material Tradisional dan Ekspos

Material bangunan kudu ditempatkan ditempat yang sesuai tanpa kudu membayangkan sifat dan tampilan berasal dari material tersebut. Benar-benar mengekspos material apa adanya. Contohnya semen yang tidak dicat, kayu yang tidak dipoles supaya nampak alami dan natural. Teori ini diungkapkan oleh Bauhaus dan menjadikan perihal berikut jadi prinsip utamanya. Tertarik inginkan mengakibatkan tempat tinggal dengan rencana arsitektur modern? Anda sanggup menerapkan prinsip-prinsipnya. Ada terhitung pilihan lain untuk Anda tempat tinggal dengan gaya modern di Tangerang Selatan maksimal Rp700 jutaan.

4. Desain Rumah Arsitektur Modern

Setelah Anda udah sadar ulasan lengkap tentang arsitektur modern di atas, rasanya kurang lengkap kalau tidak sadar gambar desain tempat tinggal arsitektur modern. Dilansir dari House Beautiful, inilah lima desain tempat tinggal arsitektur modern.

1. Rumah Modern dengan Material Alami

Arsitektur modern tidak selamanya punyai tampilan futuristik yang bergaya teknologi dan material termutakhir. Jika memandang berasal dari asal usulnya sebetulnya modernis merupakan pengembangan berasal dari arsitektur tradisional yang natural dengan material alam. Desain berikut menambahkan warna yang natural dengan bentuk sederhana. Begitu alami dan tak lekang oleh waktu. Anda selamanya sanggup mengkombinasikan tradisional dengan modern di jaman pas ini.

2. Rumah Modern Simpel dan Minimalis

Bukan hanya teknologi, tapi arsitektur modern sebetulnya mengarah ke gaya minimalis dan sederhana. Desain gambar tempat tinggal modern menyatu dengan tempat sekitar. Bangunan kotak dengan garis lurus halus dan jendela besar jadi ciri khasnya. Tidak hanya itu saja, semua ruangan pada desain ini benar-benar fungsional.

3. Rumah Arsitektur Modern Asimetris

Saat ini mulai banyak sekali jenis arsitektur asimetris. Tidak terpaku pada bentuk dan sedikit dekorasi. Memang desain ini dibangun sesimpel mungkin. Ada balkon terbuka di lantai atas dengan ruangan tertutup. Di lantai bawah ada ruangan besar tanpa sekat tapi udah ditentukan manfaat masing-masing area. Dekorasi yang dipakai hanya jendela-jendela besar dan trails.

4. Desain Rumah dengan Balok dan Beton Ekspos

Desain arsitektur modern bergaya Hallmark yang mengekspos material beton baja menambahkan tampilan modern pada tempat tinggal yang bertekstur. Bangunan dibikin dengan gaya industrial. Material digunakan kontras dengan tampilan cat putih bersih supaya nampak halus dan ramping. Seperti bangunan modernis lainnya, ada jendela-jendela besar dengan balkon sebagai tempat terbuka. Rumah dengan desain ini menambahkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik di didalam rumah.

5. Gaya Arsitektur Modern Fokus Cahaya Alami

Arsitektur modern banyak digunakan bukan hanya dikarenakan fungsional, tapi terhitung punyai efisiensi dan kontribusi pada kelestarian alam. Salah satu bentuknya adalah penghematan listrik. Desain dirancang dengan adanya ruang terbuka di didalam rumah. Misalnya balkon, taman di dalam, dan beranda tempat tinggal hijau. Selain itu terhitung pemakaian jendela berukuran besar supaya sinar matahari sanggup masuk ke didalam rumah. Beberapa desain arsitektur modern memaksimalkan luas lahan yang dimiliki mengingat lahan tanah udah makin lama terbatas. Bukan bermakna tidak ada tempat terbuka hijau di didalam rumah. Oleh dikarenakan itu lebih dari satu desain gunakan balkon lantai dua atau atap tempat tinggal jadi lebih fungsional. Nah, itulah Info lengkap tentang sejarah, prinsip dan karakteristik arsitektur modern yang udah banyak digunakan oleh lebih dari satu orang. Anda pun sanggup membangun sendiri atau mencari tempat tinggal yang udah punyai desain modern.

Sumber : https://www.rumah.com/panduan-properti/arsitektur-modern-40999